MENGISI WAKTU LUANG PADA SISWA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK

Ari , Setiyani (2012) MENGISI WAKTU LUANG PADA SISWA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -NIM 05104241015.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -NIM 05104241015.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -NIM 05104241015.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM 05104241015.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM 05104241015.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran siswa SMA Negeri 1 Ngemplak dalam mengisi waktu luang untuk kegiatan yang berisikan kegiatan relaksasi atau istirahat, kegiatan hiburan atau rekreasi, dan kegiatan pengembangan diri sesuai dengan pilihan sendiri. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling sebanyak 86 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala likert. Analisis data kuantitatif deskriptif dengan menghitung harga rerata/mean, simpangan baku/standar deviasi (SD), T-Skor, grafik dan distribusi frekuensi yang selanjutnya mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Ngemplak dalam mengisi waktu luang dikategorikan sebagai berikut: 8,14% atau 7 siswa terdapat pada kategori sangat rendah, 25,58% atau 22 siswa termasuk pada kategori rendah, 39,54% atau 34 siswa pada kategori sedang, 22,09% atau 19 siswa pada kategori tinggi dan pada kategori sangat tinggi sebanyak 4,65% atau 4 siswa. Mengisi waktu luang dalam kategori sedang berarti siswa memiliki waktu luang tidak terlalu tinggi atau banyak dan tidak terlalu rendah atau sedikit, sama halnya dengan unsur kegiatan mengisi waktu luang untuk kegiatan relaksasi, kegiatan hiburan dan kegiatan pengembangan diri juga termasuk dalam kategori sedang. Semakin tinggi siswa dalam mengisi waktu luang maka semakin besar waktu luang yang dimiliki oleh siswa. Tinggi rendahnya siswa dalam mengisi waktu luang dikarenakan minat siswa untuk mencari kesenangan dalam melepaskan kepenatan atau kebosanan setelah belajar di sekolah berbeda-beda. Kata kunci: waktu luang, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: waktu luang, siswa SMA
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 06:14
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9557

Actions (login required)

View Item View Item