KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS VI DI SLB N 1 BANTUL

Alvian , Ramadhani (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS VI DI SLB N 1 BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 05103241017.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 05103241017.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 05103241017.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 05103241017.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 05103241017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan Brain Based Learning terhadap peningkatan prestasi belajar IPA siswa cerebral palsy kelas dasar VI di SLB N 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment, dengan subyek penelitian siswa kelas dasar VI, yang berjumlah 5 siswa. Desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan membandingkan hasil posttest dengan pretest dan posttest dengan Standar Kompetensi Minimal (SKM). Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan Brain Based Learning dengan langkah-langkah sebagai berikut: pra-pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, verifikasi dan pengecekan keyakinan, perayaan dan integrasi efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa cerebral palsy kelas dasar VI di SLB N 1 Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan penguasaan materi pada pelajaran IPA. Sebelum perlakuan rata-rata penguasaan materi awal pelajaran IPA (pretest) mencapai 52% (kategori kurang sekali), sedangkan setelah perlakuan (posttest) rata-rata mencapai 75,2% (kategori baik). Sedangkan Standar Kompetensi Minimal (SKM) sebesar 59%. Setelah perlakuan subjek aktif, penuh motivasi dan penuh antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan perbandingan antara posttest dengan pretest dan posttest dengan Standar Kompetensi Minimal (SKM) menunjukkan rata-rata taraf penguasaan materi setelah perlakuan (posttest) sebesar 75,2% lebih besar dari rata-rata taraf penguasaan materi sebelum perlakuan (pretest) sebesar 52,8%, dan rata-rata taraf penguasaan materi setelah perlakuan (posttest) sebesar 75,2% lebih besar dari Standar Kompetensi Minimal (SKM) sebesar 59%. Ini berarti pendekatan Brain Based Learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA bagi siswa cerebral palsy kelas dasar VI di SLB N 1 Bantul. Kata kunci : Brain Based Learning, prestasi belajar IPA, cerebral palsy

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, prestasi belajar IPA, cerebral palsy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 06:14
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9555

Actions (login required)

View Item View Item