PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LERANING (CTL) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SMP

Yuwono Indro Hatmojo, S.Pd. (2010) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LERANING (CTL) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SMP. [Experiment/Research]

[img] Text
14_Yuwono_Indro_Hatmojo.doc

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, angket dan wawancara pada responden. Dokumentasi dilakukan guna mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan substansi kompetensi pada SKKD TIK. Identifikasi terhadap modul, diktat, atau referensi lain sebagai bahan ajar yang digunakan di dalam PBM TIK juga dilakukan untuk keperluan penyusunan modul yang akan dikembangkan yaitu Modul TIK yang mengandung muatan CTL, Observasi secara mendalam, untuk mencermati apakah modul yang dikembangkan telah mengandung muatan CTL, Angket, untuk mencari data dari pengguna modul di SMP, dan Wawancara; dilakukan guna melengkapi data tentang modul-modul pegangan yang digunakan di perkuliahan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan modul modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP sudah berbasis CTL.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:05
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item