PENYUSUNAN LKS DERIVAT EPIDERMIS (STOMATA DAN TRIKOMATA) PADA DAUN BEBERAPA TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SLEMAN

Yuni Anita , Sari (2012) PENYUSUNAN LKS DERIVAT EPIDERMIS (STOMATA DAN TRIKOMATA) PADA DAUN BEBERAPA TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08304244001.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08304244001.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08304244001.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08304244001.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08304244001.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) potensi lingkungan SMA N I Sleman untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar; (2) apakah hasil penelitian yang berupa potensi lingkungan SMA N I Sleman dapat disusun dalam bentuk LKS pembelajaran; (3) kualitas LKS Derivat Epidermis (stomata dan trikomata) yang dinilai dari aspek kebenaran dan keluasan konsep, tampilan dan penyajian, pengamatan/kegiatan, keterlaksanaan evaluasi belajar dan kebahasaan. Desain penelitian ini terdiri atas penelitian biologi dan penelitian pendidikan biologi. Penelitian biologi dilaksanakan di Lingkungan SMA N I Sleman dan Laboratorium FMIPA UNY menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian pendidikan biologi menggunakan metode Research and Development (R&D) dilengkapi model ADDIE yaitu Analysis, Design, dan Development saja. Penelitian pendidikan biologi dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sleman, dengan subyek penelitian 2 guru biologi dan 10 siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Sleman. Instrumen penelitian penilaian kualitas LKS menggunakan angket yang memuat kelima aspek di atas. Setiap aspek terdiri dari beberapa butir pernyataan/indikator. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan rentang skor yang dijabarkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini adalah LKS pembelajaran Derivat Epidermis (stomata dan trikomata) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA semester 1 yang telah melalui beberapa tahap proses pengembangan produk dengan pertimbangan saran dari reviewer yang relevan. Hasil review ahli materi terhadap kebenaran konsep sudah baik. Untuk hasil penilaian ahli media, guru, dan siswa menyatakan baik hingga sangat baik pada kelima aspek yang dinilai. Hal ini menunjukkan bahwa produk dikategorikan telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA semester 1. Kata Kunci : LKS, derivat epidermis (stomata dan trikomata), media pembelajaran, materi jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, derivat epidermis (stomata dan trikomata), media pembelajaran, materi jaringan tumbuhan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 08:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9549

Actions (login required)

View Item View Item