PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI GEDONGKIWO

Asih B. , Setyowati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI GEDONGKIWO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM.06108248266.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM.06108248266.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM.06108248266.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - NIM.06108248266.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM.06108248266.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan metode inquiry pada siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain berbentuk spiral yang terdiri dari 4 putaran yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo sejumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi siswa dan tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar soal evaluasi individu. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Untuk peningkatan aktivitas siswa tingkat kategori aktif mempunyai persentase yang paling banyak yaitu sebanyak 46,67%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa tingkat kategori baik persentasenya meningkat yaitu dari 73,34% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan aktivitas siswa sebesar 8,6, yaitu meningkat dari 49,7 pada siklus I menjadi 58,3 pada siklus II. Selain itu seiring dengan meningkatnya aktivitas siswa hasil belajar siswa pun meningkat, hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 7,5, yaitu meningkat dari 65 pada siklus I menjadi 72,5 pada siklus II. Efek/pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penelitian ini yaitu jumlah siswa yang terlibat dalam aktivitas oral dan aktivitas berfikir/mental activities seperti bertanya, menjawab pertanyaan secara lisan, memaparkan evaluasi dari kegiatan yang dilakukan, dan mengambil kesimpulan meningkat. Selain itu, visual+listening activities seperti memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru pun meningkat. Pada hasil belajar siswa, rata-rata hasil belajarnya juga menunjukkan adanya peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode inquiry

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, metode inquiry
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item