MANAJEMEN PEMBINAAN KURIKULER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GEJAYAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Tiara , Puspitarini (2012) MANAJEMEN PEMBINAAN KURIKULER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GEJAYAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -NIM 08101241028.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -NIM 08101241028.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -NIM 08101241028.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM 08101241028.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM 08101241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendekripsikan pembinaan kurikuler peserta didik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan-hambatan dalam pembinaan kurikuler peserta didik, serta upaya mengatasi hambatan pembinaan kurikuler peserta didik di sekolah inklusi SD N Gejayan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD N Gejayan. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, guru bidang studi dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan yang dilakukan di SD N Gejayan belum benar-benar maksimal karena kurikulum yang digunakan masih menggunakan kurikulum KTSP murni belum dimodifikasi;2) pelaksanaan pembinaan kurikuler peserta didik di SD N Gejayan sudah berjalan cukup baik, namun terdapat hambatan pengetahuan guru yang masih kurang mengenai pendidikan inklusi dan sumber khusus untuk ABK masih kurang. Pelaksanaan pembinaan kurikuler meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.; 3) evaluasi pembinaan kurikuler sudah berjalan cukup baik, namun siswa berkebutuhan khusus masih sulit untuk mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan. Evaluasi pembinaan kurikuler meliputi penilaian berbasis kelas, penilaian kinerja, penilaian hasil kerja, penilaian tertulis, penilaian portofolio dan penilaian sikap. Penilaian di SD N Gejayan dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan karakteristik siswa.; 4) hambatan pembinaan kurikuler di SD N Gejayan adalah kurikulum yang digunakan di SD N Gejayan masih kurikulum KTSP murni belum kurikulum yang dimodifikasi, pengetahuan guru mengenai inklusi masih kurang, fasilitas dan sumber belajar khusus untuk mendukung kegiatan pembelajaran masih kurang, dan siswa berkebutuhan khusus masih sulit mencapai nilai standar yang sesuai dengan KKM.; 5) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan kegiatan pembinaan kurikuler di adalah dengan pemikiran sendiri, sharing dengan orang tua siswa yang berkebutuhan khusus, guru lain, guru pembimbing khusus Kepala Sekolah, seminar, diklat, lokakarya dan workshop untuk guru dan Kepala Sekolah mengenai pendidikan inklusi dan penambahan jam mata pelajaran dan remidial untuk ABK. Kata Kunci : manajemen, pembinaan kurikuler, sekolah inklusi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembinaan kurikuler, sekolah inklusi.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:22
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item