PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI MELALUI HYPNOTEACHING DI SD NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Sri , Wartini (2012) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI MELALUI HYPNOTEACHING DI SD NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-06209241010.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-06209241010.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-06209241010.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-06209241010.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-06209241010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar seni tari melalui hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Prambanan Klaten, dengan jumlah siswa 35 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Rancangan penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pelaksanaan tindakan penelitian sebanyak dua kali putaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, catatan harian, dan angket pada akhir pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Kolaborator dalam penelitian ini adalah ibu Kartini. Tugas kolaborator yaitu: mengamati jalannya proses pembelajaran, memberi penilaian terhadap proses pembelajaran, dan mendiskusikan bersama peneliti tentang permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan hypnoteaching dapat meningkatkan minat siswa kelas II SD Negeri 1 Prambanan Klaten dalam pembelajaran seni tari. Hal ini ditandai dengan: (1) meningkatnya antusiasme siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dari rata-rata 25% siswa yang tidak antusias di siklus I berkurang menjadi 8,57% di siklus II, (2) meningkatnya fokus siswa selama proses pembelajaran, dari rata-rata 49,29% siswa yang tidak fokus di siklus I berkurang menjadi 40,94% di siklus II, dan (3) bertambahnya tingkat keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran, dari rata-rata 14,29% siswa yang tidak terlibat di siklus I berkurang menjadi 13,34% di siklus II. Namun demikian, terdapat indikator yang belum tercapai dikarenakan membutuhkan waktu cukup lama agar dapat tercapai sesuai dengan harapan peneliti, yaitu indikator: (1) meningkatnya siswa yang mudah diatur selama proses pembelajaran, dari rata-rata 23,57% siswa yang tidak mudah diatur di siklus I bertambah menjadi 39,06% di siklus II dan (2) meningkatnya siswa yang melaksanakan instruksi guru dengan sukarela selama proses pembelajaran, dari rata-rata 13,57% siswa yang melaksanakan instruksi guru tidak dengan sukarela di siklus I bertambah menjadi 14,29% di siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jan 2013 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9511

Actions (login required)

View Item View Item