PERSEPSI GURU TERHADAP SUPERVISI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALNYA DI SMA NEGERI SE-POKJA 3 KABUPATEN SLEMAN

Guntur , Gunawan (2012) PERSEPSI GURU TERHADAP SUPERVISI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALNYA DI SMA NEGERI SE-POKJA 3 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab1 -08101241045.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 -08101241045.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 -08101241045.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08101241045.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08101241045.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap kegiatan supervisi pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya, meliputi aspek: (1) penguasaan materi, struktur konsep, dan pola pikir keilmuan; (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran; (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif; (4) pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; (5) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah guru di SMA Negeri se-Pokja 3 Kabupaten Sleman. Objek penelitian ini berupa kegiatan supervisi dari pengawas dalam membantu meningkatkan kompetensi professional guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis menggunakan metode statistik dengan rumus persentase untuk mengetahui sumbangan tiap-tiap aspek kompetensi profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap kegiatan supervisi pengawas ditinjau dari aspek: (1) penguasaan materi, struktur konsep, dan pola pikir keilmuan dirasakan membantu guru, dengan persentase sebesar 64,81% ; (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dirasakan cukup membantu guru, dengan persentase sebesar 58,33% ; (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif dirasakan cukup membantu guru, dengan persentase sebesar 43,82% ; (4) pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dirasakan kurang membantu guru, dengan persentase sebesar 23,94% ; (5) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dirasakan kurang membantu guru, dengan persentase sebesar 25%. Kata kunci: persepsi guru, supervisi, kompetensi profesional

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, supervisi, kompetensi profesional
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Jan 2013 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item