UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN PELURU MODIFIKASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PEGANDEKAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

Yuan Tri , Yuwono (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN PELURU MODIFIKASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PEGANDEKAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 10604227280.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 10604227280.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 10604227280.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 10604227280.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 10604227280.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari satu siklus yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dari bulan April sampai September 2012, pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah observasi terhadap partisipasi siswa. Aspek partisipasi yang digunakan sebagai dasar penilaian adalah kesenangan, keaktifan, tanggung jawab, dan motivasi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi peneliti dan dua kolaborator selama pembelajaran tolak peluru dengan peluru modifikasi berlangsung. Analisis data menggunakan penghitungan persentase. Hasil penelitian setelah dilaksanakan tindakan diperoleh data bahwa penggunaan peluru modifikasi dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan. Berdasarkan data hasil observasi observer dan dua kolaborator besarnya partisipasi siswa selama pembelajaran tolak peluru dalam satu siklus dengan peluru modifikasi dari total skor 1487 adalah 86,95% skor 1293, kurang partisipasi 13,07% skor 194, tidak partisipasi 0% skor 0. Sehingga dapat disimpulkan, penggunaan peluru modifikasi dapat meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran tolak peluru. Kata Kunci: Partisipasi, tolak peluru, peluru modifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, tolak peluru, peluru modifikasi
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Jan 2013 01:06
Last Modified: 29 Jan 2019 18:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9477

Actions (login required)

View Item View Item