UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI “TULIS KINI, DI SINI” PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

PUTRI APRILIA , ARTANTI (2012) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI “TULIS KINI, DI SINI” PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07201244045.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07201244045.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07201244045.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07201244045.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07201244045.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan strategi “Tulis Kini, Di Sini” pada siswa kelas VIIB SMP Negeri I Seyegan, Sleman. Subjek penelitian yang dikenai penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri I Seyegan, Sleman. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi kedalam dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan pada siklus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan strategi “Tulis Kini, Di Sini”. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan ke arah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, penggunaan strategi “Tulis Kini, Di Sini” dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, antusias dan semangat dari siswa, dan fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu mereka juga lebih suka bercanda dan bermain-main dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I siswa yang malas dan kurang bersemangat mulai berkurang. Siswa yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Skor ratarata siswa pada tahap pratindakan adalah 16,64, pada saat siklus I meningkat menjadi 22,83, dan pada siklus II meningkat menjadi 28,17. Peningkatan skor akhir siklus I dan siklus II adalah 11,53. Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP Negeri I Seyegan, Sleman telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan strategi “Tulis Kini, Di Sini”. Kata kunci : menulis puisi, strategi “Tulis Kini, Di Sini”, siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, strategi “Tulis Kini, Di Sini”, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item