PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK SISWA KELAS X SMA RSBI

Siti, Kuryati (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK SISWA KELAS X SMA RSBI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08301241028.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08301241028.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08301241028.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08301241028.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08301241028.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian inin bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berupa modul pada materi logika matematika dengan pendekatan PMRI untuk siswa kelas X SMA RSBI. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai (1) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar logika matematika dengan pendekatan PMRI, (2) mendiskripsikan kelayakan bahan ajar logika matematika dengan pendekatan PMRI, dan (3) mendiskripsikan respon siswa kelas X SMA RSBI terhadap bahanajar logika matematika dengan pendekatan PMRI yang dikembangkan. Model pengembangan dalam penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yaitu analysis(analisis), design (perancangan), development (pengembangan),implementation (implementasi), evalution (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X D SMA N 1 Kasihan Bantul, Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara,lembar observasi,angket evaluasi yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media,angket untuk siswa SMA N 1 Kasihan Bantul,serta tes hasil belajar. Berdasarkan pengujian kelayakan bahan ajar menurut penilaian ahli materi dan ahli media, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria layak. Kriteria kelayakan oleh ahli materi dilihat dari aspek kompetensi,kualitas materi,kelengkapan modul, dan kesesuaian modul dengan PMRI. Krteria Kelayakan Oleh ahli media dilihat dari aspek tata bahasa,penyajian gambar,desain modul,dan kelengkapan modul.Data tambahan dari pedoman wawancara dan lembar observasi digunakan untuk perbaikan modul. Dari hasil angket evaluasi untuk siswa, bahan ajar logika matematika dengan pendekatan PMRI mendapatkan respon baik dengan rata-rata perolehan skor sebesar 3,66. Kata kunci: bahan ajar, logika matematika, PMRI

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, logika matematika, PMRI
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Jan 2013 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9439

Actions (login required)

View Item View Item