RITA BEKTI , UTAMI (2012) PENYUSUNAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN PENELITIAN KEANEKARAGAMAN FITOPLANKTON DI SUNGAI GUA PINDUL GUNUNGKIDUL BAGI SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08304244015.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08304244015.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08304244015.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08304244015.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08304244015.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui jenis fitoplankton yang ditemukan di perairan sungai Gua Pindul. (2) mengetahui keanekaragaman fitoplankton di perairan sungai gua pindul yang berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar biologi. (3) me ngetahui penyusunan modul materi pokok keanekaragaman fitoplankton di kawasan sungai Gua Pindul yang dapat digunakan sebagai bahan ajar biologi. (4) mengetahui kualitas modul pembelajaran keanekaragaman hayati berdasarkan penelitian keanekaragaman fitoplankton di perairan sungai Gua Pindul sebagai bahan ajar biologi. Penelitian ini termasuk ke dalam pene litian deskriptif eksploratif dan penelitian pengembangan (R&D) dengan ADDIE Models. Hasil penelitian kemudian diangkat menjadi sumber belajar biologi melalui 2 tahap identifikasi proses dan produk penelitian(1) dan sele ksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi(2). Sumb er belajar biologi dikemas dalam bentuk modul dengan ADDIE Models yaitu Tahap Analisis (Analysis),Tahap perencanaan (Design), Tahap Pengembangan dan Produksi (Development and Production) ,Tahap Implementasi (Implementation), Tahap Evaluasi (Evaluation). Modul divalidasi oleh dosen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba terbatas dilakukan kepada 10 peserta di dik kelas X dan dua orang Guru Biologi SMA Negeri 2 Wonosari. Instrumen penelitian ini berupa angket penilaian dan tanggapan terhadap modul yang memuat empat aspek, yaitu aspek materi, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek ba hasa, yang berisi item atau indikator. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian diperoleh 26 jenis fitoplankton yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas Cyanophyceae, Chlorophyceae dan Bacillariophyceae. Keanekaragaman 26 jenis fitoplankton yang ditemukan di perairan sungai Gua Pindul ini termasuk tinggi sehingga dapat dijadikan sumber belajar biologi bagi siswa SMA kelas X semester II pada materi keanekaragaman hayati. Hasil uji kualitas modul ditinjau dari aspek materi , aspek penyajian, aspek kegrafisan dan aspek bahasa baik dari penilain guru maupun tanggapan siswa termasuk baik. Kata Kunci: Modul, Keanekaragaman, Fitoplankton, Gua Pindul
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Keanekaragaman, Fitoplankton, Gua Pindul |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 03:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
View Item |