PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF BERDASARKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUB BAHASAN ASAS BLACK UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Riani Dewi, Larassati (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF BERDASARKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUB BAHASAN ASAS BLACK UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08302244002.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08302244002.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08302244002.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08302244002.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08302244002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL melalui metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif C3 , C 4 , C 5 , dan C 6 berdasarkan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan desa in penelitian eksperimen pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah se luruh siswa kelas X SMA N 1 Sewon sebanyak 256 siswa. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas XC sebagai kelas eksperimen 1 (KE 1 ) yaitu kelas yang diberikan perlakuan dengan model PBL dan metode eksperimen dan kelas XB sebagai kelas eksperimen 2 (KE2 ) yaitu dengan menggunakan metode eksperimen tanpa model PBL. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kemampuan kognitif siswa pada sub pokok bahasan asas Black yang meliputi keterampilan pemecahan masalah siswa. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi ( regression analysis). Data yang diperoleh dianalisis didapat persamaan regresinya ݕො = 25,68 + 0,51x. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model PBL melalui metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif berdasarkan keterampilan pemecahan masalah fisika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesa r 0,482 dan sumbangan model PBL dalam hal ini aktivitas eksperimen siswa terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 23,2%. Kata kunci : model PBL, metode eksperimen, kemampuan kognitif, keterampilan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model PBL, metode eksperimen, kemampuan kognitif, keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Jan 2013 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item