PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA “KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

RETNO , KUSUMAWATI (2012) PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA “KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08312244042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08312244042.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08312244042.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08312244042.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08312244042.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas RPP dan LKPD IPA terpadu dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA; (2) penguasaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar observasi kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD yang dikembangkan. Data evaluasi produk dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas RPP dan LKPD IPA terpadu. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis untuk mengetahui selisih dari kegiatan I ke kegiatan II. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru IPA, RPP IPA terpadu dengan pendekatan keterampilan proses (PKP) hasil pengembangan memiliki kualitas “Baik” dan LKPD IPA terpadu dengan pendekatan keterampilan proses (PKP) hasil pengembangan memiliki kualitas “Sangat Baik”, sehingga RPP dan LKPD layak untuk digunakan. Disamping itu, dari hasil penilaian respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD menunjukkan kriteria “Sangat Baik”; (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKPD yang dikembangkan mengalami peningkatan dari kegiatan I ke kegiatan II sebesar 5%. Adapun persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah pada kegiatan I sebesar 83% dan pada kegiatan II sebesar 88%. Kata kunci: RPP, LKPD, IPA Terpadu, PKP, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RPP, LKPD, IPA Terpadu, PKP, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Jan 2013 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 18:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9393

Actions (login required)

View Item View Item