MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD 2 WOJO SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Nur , Fitriani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD 2 WOJO SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS menggunakan media gambar di Kelas V SD 2 Wojo Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD 2 Wojo yang berjumlah 21 anak, yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket, soal tes dan lembar observasi divalidasi melalui expert judgement. Untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang berupa soal tes dan angket dihitung menggunakan program komputer SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dan hasil angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar IPS. Hasil angket dan tes pra tindakan menunjukkan skor rata-rata motivasi 54,60% (termasuk kriteria cukup) dan nilai rata-rata IPS siswa 58,05 sedangkan prosentase siswa yang mencapai KKM 70 sebesar 42,9% atau sebanyak 9 siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran menggunakan media gambar di siklus I, hasil angket dan tes pada siklus I menunjukkan skor rata-rata motivasi 65,78% (termasuk kriteria baik) dan nilai ratarata IPS siswa 65,71 sedangkan prosentase siswa yang mencapai KKM 70 sebesar 61,90% atau sebanyak 13 siswa. Pada siklus II, skor rata-rata motivasi siswa juga meningkat menjadi 72,95% (termasuk kriteria baik) dan nilai rata-rata IPS siswa menjadi 74,76 sedangkan prosentase siswa yang mencapai KKM 70 juga meningkat menjadi 76,19% atau sejumlah 16 siswa. Kata kunci: motivasi belajar IPS, hasil belajar IPS, media gambar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar IPS, hasil belajar IPS, media gambar
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Jan 2013 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item