PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 GODEAN

NUR , FATAYATI (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 05301244060.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 05301244060.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 05301244060.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05301244060.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 05301244060.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyelidiki keefektifan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan representasi matematika siswa pada materi pokok matriks. 2) menyelidiki keefektifan metode ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan representasi matematika siswa pada materi pokok matriks. 3) menyelidiki perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran penemuan terbimbing dan ekspositori terhadap prestasi belajar dan kemampuan representasi matematika siswa pada materi pokok matriks. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Godean. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik purpossive random sampling dengan sampel siswa, memilih secara acak 2 dari 7 kelas yang ada, sehingga diperoleh sampel siswa kelas X PM1 yang diberi perlakuan dengan metode ekspositori dan siswa X PM2 yang diberi perlakuan dengan metode penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Perbedaan efek metode pembelajaran penemuan terbimbing dan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar dan kemampuan representasi matematika pada materi pokok matriks, data dianalisis dengan uji multivariate T 2 Hotelling. Tujuan dari tes tersebut adalah untuk menguji kesetaraan rerata dan varians. Uji ini menunjukkan adanya perbedaan efek, sehingga ditindak lanjut dengan uji t untuk menentukan metode manakah yang lebih unggul, ditinjau dari prestasi belajar maupun kemampuan representasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode pembelajaran penemuan terbimbing efektif terhadap prestasi belajar maupun kemampuan representasi matematika pada materi pokok matriks (t hit >ttab(0,05;34)=63,067>1,697) 2) metode pembelajaran ekspositori efektif terhadap prestasi belajar maupun kemampuan representasi matematika pada materi pokok matriks (t hit >ttab(0,05;34)= 48,127>1,697) 3) terdapat perbedaan efek dari metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar dan kemampuan representasi matematika siswa pada materi pokok matriks (F hit= 9,943≥ Ftab =3,15) 4) metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih unggul dari pada metode ekspositori pada prestasi belajar siswa (sig.=0,003<0,025) 5) metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih unggul dari pada metode ekspositori pada kemampuan representasi matematika (sig=0,020<0,025).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Jan 2013 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9362

Actions (login required)

View Item View Item