PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR VOKAL 1 PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI DAN YANG TIDAK MENGIKUTI PROGRAM MATRIKULASI DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MELIA, PUSPARANI (2012) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR VOKAL 1 PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI DAN YANG TIDAK MENGIKUTI PROGRAM MATRIKULASI DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-06208241022.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-06208241022.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-06208241022.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-06208241022.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-06208241022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar vokal 1 pada mahasiswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti program matrikulasi di Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan teknik komparatif (membandingkan). Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan survey dengan memanfaatkan data sekunder yaitu nilai-nilai Ujian Akhir Semester mata kuliah Vokal 1 yang dicapai mahasiswa seni musik antara mahasiswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti program matrikulasi serta data primer yaitu hasil wawancara dengan narasumber. Hasil dari penelitian ini nantinya adalah berupa data yang berisi angka-angka statistik yang akan menunjukkan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mengikuti dan yang tidak mengikuti program matrikulasi pada Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t test yang menunjukkan nilai p-value kurang dari 0,05, yaitu sebesar 0,031 dan nilai t = 2,194. Dengan kata lain bahwa program matrikulasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik mata kuliah Vokal 1. Terbukti bahwa rata-rata nilai mata kuliah Vokal 1 antara mahasiswa yang mengikuti program matrikulasi (x1=74,5361) lebih tinggi dibanding rata-rata nilai mata kuliah Vokal 1 mahasiswa yang tidak mengikuti program matrikulasi (x2=70,8097). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar Vokal 1 yang cukup signifikan antara mahasiswa di Jurusan Pendidikan Seni Musik yang mengikuti program matrikulasi dan yang tidak mengikuti program matrikulasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Jan 2013 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item View Item