HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS V KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Abdul Rohman, MS (2012) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS V KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -08108244023.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08108244023.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08108244023.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08108244023.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08108244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran matematika di gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dan penelitian korelasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 120 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel distribusi sampel Isaac dan Michael dengan taraf signifikasi 5% sehingga dari 120 siswa diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling (acak). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dihitung dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika, hal tersebut ditunjukkan dari harga rhitung yang diolah dengan bantuan SPSS Versi 17 sebesar 0,300 sedangkan rtabel dengan N = 89 (90) pada taraf signifikansi 5% sebessar 0,207, sehingga rhitung > rtabel (0,300 > 0,207). Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Jan 2013 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 18:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9306

Actions (login required)

View Item View Item