KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL

IRANI RAMADHANI , S. (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241008.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08203241008.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08203241008.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08203241008.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08203241008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman antara peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul yang diajar dengan menggunakan teknik mind map dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. (2) mengetahui keefektifan penggunaan teknik mind map pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan berbicara bahasa Jerman pada pre test dan post test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas yakni penggunaan teknik mind map dan variabel terikat yakni prestasi berbicara bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Imogiri yang berjumlah 196 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 3 (23 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (23 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cornbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa thitung 3,433 > ttabel 2,021 pada taraf signifikansi á 0,05 dan db sebesar 44. Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 17,41%. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 13,48 lebih besar dari pada kelas kontrol yakni 12,45. Hal ini menunjukan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan teknik mind map efektif pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Jan 2013 01:01
Last Modified: 29 Jan 2019 18:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item