KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Inderaguna , Peratama (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07203244007.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07203244007.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07203244007.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07203244007.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07203244007.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten antara yang diajar dengan menggunakan multimedia flash dan yang diajar dengan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan multimedia flash dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan multimedia flash dan variabel terikat (Y) yaitu penguasaan kosakata bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 224 orang. Sampel diambil dengan menggunakan Simple Random Sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas X E yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X F berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan tes penguasaan kosakata. Uji validitas dihitung dengan uji Product Moment. Hasilnya adalah dari 45 soal terdapat 40 soal yang valid dan 5 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20, dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,920. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 4,729 lebih besar dari t tabel 2,00 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan db = 62. Hal ini menunjukkan nilai thitung (th) lebih besar dari nilai ttabel (tt) yang berarti menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 35,16 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 31,66. Hal ini berarti bahwa penggunaan multimedia flash dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman lebih efektif dari pada penggunaan media konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 12,49%. Implikasi dari penelitian ini adalah multimedia flash dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Jan 2013 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 18:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item View Item