MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Nur Baeti , Rahmawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPS dan afektif siswa kelas V SDN Lempuyangan I Yogyakarta melalui pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jenis penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di SD N Lempuyangan I Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I, penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran lebih banyak dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok. Sedangkan pada siklus II, guru mengadakan berbagai macam permainan baik dalam menyampaikan materi maupun kegiatan kelompok agar siswa bersemangat dan termotivasi untuk belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 34 siswa. Waktu penelitian yaitu tanggal 14 April sampai dengan 30 April 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes pilihan ganda, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS adalah 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lempuyangan I Yogyakarta karena guru lebih banyak mengajarkan materi melalui permainan-permainan sehingga siswa lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan dengan peningkatan presentase siswa yang mencapai KKM pada setiap siklus. Hasil belajar saat pra tindakan, rata-rata kelas adalah 63 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa atau 35%. Pada siklus I, rata-rata kelas adalah 71,3 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa atau 61,3%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 76 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 28 siswa atau 82%. Hasil observasi pembelajaran oleh guru mengalami peningkatan dari skor 2,3 berkategori cukup baik pada siklus I menjadi 3,0 berkategori baik pada siklus II. Sikap nasionalisme siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 76,02 menjadi 86,71. Kata kunci : hasil belajar IPS, pendekatan PAKEM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, pendekatan PAKEM.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 06:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item View Item