KETERBACAAN WACANA DALAM BUKU TEKS MARSUDI BASA LAN SASTRA JAWA ANYAR KELAS VIII UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Esti, Prihatinah (2012) KETERBACAAN WACANA DALAM BUKU TEKS MARSUDI BASA LAN SASTRA JAWA ANYAR KELAS VIII UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07205241007.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07205241007.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07205241007.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07205241007.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07205241007.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diukurnya keterbacaan buku teks yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Jawa. Upaya yang dilakukan untuk mengetahui keterbacaan buku teks Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar adalah melakukan pengukuran keterbacaan wacana dalam buku teks menggunakan cloze test procedure (tes isian wacana rumpang). Pengukuran keterbacaan ini bertujuan untuk mengetahui keterbacaan buku teks Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 dan 2 Banjarnegara. Populasi penelitian terdiri dari wacana-wacana dalam buku teks Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar serta siswa kelas VIII SMP Negeri 1 dan 2 Banjarnegara. Sampel wacana didasarkan atas prinsip Fry yaitu mengambil wacana pada bagian awal, tengah, serta akhir sejumlah tiga wacana. Sampel siswa penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Banjarnegara dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dengan instrumen tes isian wacana rumpang (cloze test procedure). Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis butir soal. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Küder-Richardson 21. Pengukuran ini dilaksanakan dalam tiga kali pengambilan data yaitu satu kali tes untuk tiap wacana. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif. Kriteria penentuan tingkat keterbacaan ialah (1) Wacana dengan persentase keterbacaan > 60% disebut wacana dengan keterbacaan tinggi, (2) Wacana dengan persentase keterbacaan lebih dari 40 sampai dengan 60% disebut wacana dengan keterbacaan sedang, dan (3) Wacana dengan persentase keterbacaan < 40% disebut wacana dengan keterbacaan rendah. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil pengukuran untuk wacana awal, tengah, dan akhir secara berturut-turut adalah 53,51%, 48,71%, dan 66,50%. Persentase rata-rata keterbacaan wacana awal, tengah, serta akhir adalah 56,24% yang berarti wacana dalam buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VIII SMP merupakan wacana dengan keterbacaan sedang. Hal tersebut menandakan bahwa wacana tersebut tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah untuk dipahami sehingga baik digunakan untuk pembelajaran. Kategori tingkat baca siswa adalah instruksional yang menandakan bahwa dalam pembelajaran siswa memerlukan petunjuk dari guru untuk memahami wacana-wacana dalam buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Bahasa Jawa
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 06:26
Last Modified: 19 Oct 2020 05:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9231

Actions (login required)

View Item View Item