KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Endah Ayu Wisudawati , Sulistyorini (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241003.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08203241003.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08203241003.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08203241003.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08203241003.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan Sleman antara yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen Pre-test Post-test Control Group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan variabel terikat berupa keterampilan menulis bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan Sleman yang berjumlah 214 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 peserta didik. Jumlah sampel adalah 72 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis. Untuk mengetahui adanya perbedaan skor kemampuan menulis bahasa Jerman yang diperoleh kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 6,282 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 9,1%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 76,7500 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 70,3056. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 17:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9201

Actions (login required)

View Item View Item