KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAPAKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Dwi, Ariani (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAPAKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08303244044.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08303244044.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08303244044.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08303244044.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08303244044.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan penerapan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining terhadap peningkatan aktivitas belajar kimia pesertadidik kelas XI semester 2 untukmateriHidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, (2) ada tidaknya perbedaan yangpositif dan signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingdengan peserta didik yang mengikuti pembelajarandengan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi untukmateriHidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, apabila pengetahuan awalkimia peserta didikdikendalikan. Populasipenelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 150 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 59 peserta didik terbagi dalam dua kelas yaitu kelas dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingdalam proses pembelajaran (A1), adanyafacilitator sebagai pendamping diskusi, dan kelas dengan penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasidalam proses pembelajaran(A2), diskusi didampingi pendidik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), analisis regresi, dan analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa modelpembelajaranStudent Facilitator and Explainingefektif meningkatkanaktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilanpada kelas eksperimen.Terdapatperbedaan yangpositif dansignifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikandengan peluang ralat (p) sebesar 0.013. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan awal kimia peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik dengan peluang ralat (p) sebesar 0.00, sedangkansumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didikterhadap prestasi belajar kimia peserta didik sebesar 42.3%. Sumbangan ini diambil dari pengetahuan awal kimia peserta didik pada materi Larutan Asam dan Basa pada semester 1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9189

Actions (login required)

View Item View Item