PENGARUH PENERAPAN METODE PERCOBAAN IPA TERPADU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KALASAN DENGAN TEMA“MAKANAN”

Darsono, Darsono (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PERCOBAAN IPA TERPADU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KALASAN DENGAN TEMA“MAKANAN”. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08312241001.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-08312241001.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-08312241001.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-08312241001.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-08312241001.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Foto.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGKET RESPON SISWA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kisi-Kisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KETERAMPILAN Eksperimen.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KETERAMPILAN Kontrol.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kisi-Kisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUNCI JAWABAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Jawaban Post.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
soal Posttest.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUNCI JAWABAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
soal Pretest.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUNCI JAWABAN SOAL Validasi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Jawaban Validasi Soal.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
soal VALIDASI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KISI-KISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REKAP KPS SISWA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REKAPITULASI RESPON.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISWA KELAS VIIIE.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISWA KELAS VIIIE KPS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISWA KELAS VIIIF.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISWA KELAS VIIIF KPS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LKS VIK.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Kerja 1 Pewarna.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Kerja 2 Pengawet.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Kerja 3 zat Pada Makanan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Kerja 4 Protein.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANALISIS KOMPETENSI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA KONSEP MATERI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP ZAT aditiF EKSPERIMEN.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP ZAT aditiF KONTROL.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS Kelas Ekperimen.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS Kelas Kontrol.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANAKOVA & Regresi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Normalitas & Homogenitas.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERHITUNGAN RESPON.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Uji Validitas Soal.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VALIDASI SOAL.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TULISAN LAMPIRAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IJIN PENELITIAN.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:52
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item