PENGEMBANGAN MEDIA JOYFUL EDUBLOG BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA

Annisa, Budhiarti (2012) PENGEMBANGAN MEDIA JOYFUL EDUBLOG BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08303241010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08303241010.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08303241010.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08303241010.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08303241010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kualitas media Joyful Edublog berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA/MA. Pengembangan media dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Instrumen penelitian berupa angket untuk menilai kualitas media yang dihasilkan. Penilaian kualitas dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA yang memiliki blog dan 5 siswa SMA/MA kelas X. Kriteria penilaian didasarkan atas 7 aspek penilaian yaitu aspek edukasi, aspek keilmiahan, aspek teknis, aspek representatif, aspek artistik, aspek kenyamanan penggunaan, dan aspek evaluasi belajar. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media. Produk penelitian ini adalah Joyful Edublog berbasis Pedagogical Chemistry Kowledge (PChK) pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer, kualitas media memperoleh nilai baik dari penilaian reviewer guru dan memperoleh nilai sangat baik dari penilaian reviewer siswa. Berdasarkan penilaian tersebut, maka Joyful Edublog layak digunakan oleh guru dan siswa sebagai media alternatif pembelajaran kimia. Kata kunci: blog, Pedagogical Chemistry Knowledge, ikatan kimia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: blog, Pedagogical Chemistry Knowledge, ikatan kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item