UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELASV SD NEGERI 2 LAMUK KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO

Karsihadi, Karsihadi (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELASV SD NEGERI 2 LAMUK KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 10604227012.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 10604227012.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 10604227012.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 10604227012.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 10604227012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang muncul, dikarenakan proses pembelajaran guling depan yang kurang menarik dan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Lamuk belum sesuai yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dan proses pembelajaran guling depan pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Lamuk Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Lamuk yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan, lembar pengamatan kegiatan peserta didik, kinerja guru, angket motivasi, dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan· bermain dapat meningkatkan hasil belajar dan proses pembelajaran guling depan pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Lamuk Kecarnatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Hasil belajar pada pertemuan 1 diperoleh rata-rata nilai keterampilan guling depan yaitu 74,72 atau 73.91 % peserta didik yang tuntas mencapai KKM, sedangkan pada pertemuan 3 diperoleh rata-rata nilai keterampilan guling depan yaitu 91,63 atau 95,65% peserta didik yang tuntas mencapai KKM. Hasil pengamatan kinerja guru dan kegiatan peserta didik dalarn proses pembelajaran guling depan dengan menggunakan pendekatan bermain berlangsung dengan sangat baik. Selain itu, motivasi belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran guling depan menggunakan pendekatan bermain termasuk dalam kategori "baik". Kata kunci: gating depan, hasil be/ajar, motivasi, pendekatan bennain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gating depan, hasil be/ajar, motivasi, pendekatan bennain.
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:46
Last Modified: 29 Jan 2019 17:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9039

Actions (login required)

View Item View Item