PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012

UMI , KHASANAH (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08403244001.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08403244001.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08403244001.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08403244001.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08403244001.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. (2) Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (4)Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (5) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (6) Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Berdasarkan jenis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengumpulkan data Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. Data Prestasi Belajar Akuntansi diperoleh dengan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMKN 1 Yogyakarta untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, ketiga, dan kelima, dan analisis regresi ganda untuk hipotesis kedua, keempat, dan keenam. Sebelum analisis data diadakan uji persyaratan analisis yaitu uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y 0,923, thitung 18,820, dengan r2 sebesar 0,851. (2) Motivasi Belajar memoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 214,98, R2 sebesar 0,915, kenaikan R2 sebesar 0,017. (3) Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,914, thitung 17,721, dengan r2 sebesar 0,835. (4) Motivasi Belajar memoderasi pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 153,023, R2 sebesar 0,884, kenaikan R2 sebesar 0,009. (5) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 353,604, R2 sebesar 0,921. (6) Motivasi Belajar memoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 197,989, R2 sebesar 0,945, kenaikan R2 sebesar 0,009.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 17:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9031

Actions (login required)

View Item View Item