PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Meilina Eka, Putri (2012) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -08404244022.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -08404244022.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -08404244022.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -08404244022.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08404244022.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012, (2) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) pengaruh kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 91 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 91 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas,dan uji homosedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 2,866 dengan signifikansi 0,005, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 3,398 dengan signifikansi 0,001, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang berdasarkan hasil pengujian analisis regresi ganda ditemukan harga F hitung sebesar 13,596 dengan signifikansi 0,000. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 07:04
Last Modified: 29 Jan 2019 17:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item