Pengembangan Model Pembelajaran Fisika ProSTEMMo Dengan Media AR Balimo-Limo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA.

Raisal, Abu Yazid and Kuswanto, Heru (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Fisika ProSTEMMo Dengan Media AR Balimo-Limo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_abu yazid raisal_21703261027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan desain model pembelajaran yang diberi nama Model Pembelajaran Fisika Project STEM mobile (ProSTEMMo) dengan media Balimo-limo; 2) menguji kelayakan; 3) menguji kepraktisan; dan 4) menguji keefektifan model dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian researh and development yang mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan tes; data validitas model pembelajaran dikumpulkan melalui skala penilaian; data efektivitas model pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, tes kemampuan berpikir kreatif, dan lembar observasi keterampilan proses sains, diuji dengan paired sample t-test dan MANOVA; data kepraktisan model pembelajaran dikumpulkan melalui lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran fisika ProSTEMMo dengan media AR Balimo-limo dikembangkan berdasarkan landasan teori belajar konstruktivisme dan Experiential Learning dengan sintaks yang terdiri dari orientasi, eksplorasi, desain, kreasi, presentasi, dan evaluasi. Model pembelajaran ini dilengkapi sistem pendukung berupa modul ajar, LKPD, modul fisika terintegrasi AR, aplikasi AR, instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains; 2) model pembelajaran fisika ProSTEMMo dengan media Balimo-limo serta perangkat pendukungnya memenuhi kualitas layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran; 3) model pembelajaran tersebut praktis berdasarkan penilaian keterlaksanaan model; 4) model pembelajaran fisika ProSTEMMo terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Project STEM mobile, Balimo-limo, berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:14
Last Modified: 22 Dec 2025 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88810

Actions (login required)

View Item View Item