Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Green Skills pada Elemen Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan.

Azahar, Ridho and Hariyanto, V. Lilik (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Green Skills pada Elemen Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
Tesis Ridho Azahar-UNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model pembelajaran Flipped Classroom yang dapat digunakan untuk meningkatkan Green Skills siswa pada elemen gambar teknik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (2) Menilai kelayakan model Flipped Classroom dalam meningkatkan Green Skills siswa pada elemen gambar teknik di SMK berdasarkan validasi ahli. (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan Green Skills siswa pada elemen gambar teknik di SMK. (4) Menganalisis keefektifan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan Green Skills siswa pada elemen gambar teknik di SMK. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Populasi penelitian adalah SMK dengan konsentrasi keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan SMK Negeri 2 Medan sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain uji coba menggunakan Quasi Experimental Design untuk menganalisis pengaruh dan efektivitas model pembelajaran. Pengumpulan data penelitian meliput observasi, wawancara, penyebaran angket skala likert, tes pilihan ganda dan essay serta LKPD yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pengguna. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Flipped Classroom terintegrasi Green Skills pada elemen gambar teknik di SMK berhasil dikembangkan melalui tahapan 4D dengan 3 siklus meliputi 6 sintaks pembelajaran. (2) Hasil validasi yang dilaksanakan melalui Focus Group Discussion (FGD) oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna menunjukkan bahwa model pembelajaran masuk dalam kategori Layak Digunakan, dengan rata-rata hasil validasi ahli materi sebesar 86,20, ahli media sebesar 76,46, dan ahli pengguna sebesar 85,41. (3) Uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p = 0,000; < 0,05) dengan nilai effect size Cohen's d (d = 3.32; > 1.00), sehingga model pembelajaran Flipped Classroom terbukti berpengaruh Sangat Besar dalam meningkatkan Green Skills siswa SMK. (4) Uji efektivitas melalui N-Gain menunjukkan kategori Cukup Efektif (60,58%) pada kelas eksperimen dan Kurang Efektif (50,47%) pada kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom mampu meningkatkan Green Skills siswa, khususnya dalam aspek pemahaman dasar-dasar gambar teknik dan konsep rumah ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Green Skills, Gambar Teknik.
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Ridho Azahar 23070140020
Date Deposited: 26 Nov 2025 06:26
Last Modified: 26 Nov 2025 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88644

Actions (login required)

View Item View Item