Pengembangan Model Pembelajaran Etnos-TPACK Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Budaya Siswa SMP.

Tadeko, Nurgan and Rosana, Dadan (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Etnos-TPACK Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Budaya Siswa SMP. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_nurgan tadeko_20703261042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan Model Pembelajaran Etnos- TPACK yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA bagi siswa SMP sesuai dengan karakteristik model pembelajaran; (2) menghasilkan Model Pembelajaran Etnos-TPACK yang memenuhi kriteria layak berdasarkan validasi ahli; (3) menghasilkan Model Pembelajaran Etnos-TPACK yang memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan literasi sains dan literasi budaya siswa SMP; dan (4) menghasilkan Model Pembelajaran Etnos- TPACK yang memenuhi kriteria praktis dalam implementasi pembelajaran IPA di kelas. Model dikembangkan melalui tahapan Analyze-Design-Develop-Implement- Evaluate (ADDIE), sedangkan efektivitasnya diuji menggunakan desain quasi- experiment nonequivalent control group. Model dirancang mengikuti karakteristik model pembelajaran Joyce dan Weil, berlandaskan teori TPACK, etnosains, konstruktivisme, sosiokultural, dan model mental. Struktur model mencakup delapan sintaks utama yang mengintegrasikan budaya lokal ke dalam pembelajaran IPA secara konseptual dan kontekstual. Instrumen penelitian mencakup literasi sains, literasi budaya, keterlaksanaan, kepraktisan, serta lembar validitas model dan perangkat, yang dirumuskan berdasarkan indikator teoretis dan divalidasi oleh ahli kurikulum, media digital, dan pembelajaran IPA. Hasil validasi berada pada rentang Aiken’s V sebesar 0,73–0,87, sedangkan validitas konstruk literasi dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) terhadap 408 siswa dari sebelas SMP di Sulawesi Tengah. Kelayakan dan kepraktisan model diuji melalui uji coba terbatas di SMPN 2 Luwuk, 53 siswa, dua kelas eksperimen dan kontrol. Uji coba luas di SMPN 3 dan 4 Luwuk, 133 siswa, tiga kelas, Etnos-TPACK berbantuan AR, tanpa AR, dan kontrol, dengan sampel acak sesuai standar uji asumsi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model Pembelajaran Etnos-TPACK telah dikembangkan berdasarkan karakteristik model dengan mengintegrasikan prinsip TPACK, teori etnosains, dan teknologi berbasis Augmented Reality. (2) Model dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli dengan nilai Aiken’s V antara 0,73 hingga 0,87, mencakup komponen model pembelajaran. (3) Model terbukti efektif meningkatkan literasi sains dan budaya siswa secara signifikan pada uji coba terbatas dan luas; peningkatan literasi budaya secara umum diikuti oleh peningkatan literasi sains, dan pada dua kelas yang tidak teruji signifikan akibat latar belakang demografi dan pengetahuan awal budaya siswa. (4) Kepraktisan model dikonfirmasi melalui hasil uji keterlaksanaan dan persepsi guru serta siswa, yang menunjukkan penilaian sangat baik dalam hal kemudahan implementasi, relevansi materi, dan kontribusinya terhadap motivasi dan pemahaman konsep sains secara kontekstual.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: etnosains, TPACK, augmented reality, literasi sains, literasi budaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:53
Last Modified: 11 Dec 2025 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88618

Actions (login required)

View Item View Item