Pengembangan Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Muzaimah, Anna Khusnul and Setiawati, Farida Agus (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_anna khusnul muzaimah_21701251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian perkembangan kognitif anak usia 4–6 tahun yang valid dan reliabel di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Instrumen ini dirancang agar sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini dan dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu dalam mengevaluasi kemampuan kognitif anak secara komprehensif. Aspek kognitif yang dikembangkan mencakup kemampuan memecahkan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) model Azwar, yang menekankan pada definisi konstruk, penyusunan butir, dan analisis validitas serta reliabilitas. Penelitian dilakukan di TK Alam Anak Pintar dan RA Al Amin dengan subjek anak usia 4–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran instrumen. Instrumen divalidasi oleh ahli PAUD, ahli psikologi perkembangan dan ahli pengukuran dan evaluasi pendidikan dengan hasil validitas isi menunjukkan nilai Aiken’s V sebesar 0,956. Uji coba lapangan dilakukan terhadap 108 anak dengan hasil validitas empiris yang ditunjukkan oleh korelasi item-total ≥ 0,30 untuk sebagian besar butir dan validitas konstruk yang diuji melalui Exploratory Factor Analysis (EFA) menghasilkan tiga faktor yang sesuai dengan konstruk teori tis, dan seluruh butir memiliki loading faktor ≥ 0,40. Hasil analisis reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,934, yang termasuk kategori tinggi. Data dianalisis menggunakan pendekatan Teori Tes Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian perkembangan kognitif yang dikembangkan layak digunakan dan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Instrumen ini mampu memberikan gambaran profil perkembangan kognitif anak usia dini secara sistematis dan dapat digunakan oleh guru PAUD sebagai alat asesmen formatif maupun sumatif. Disarankan agar instrumen ini digunakan secara berkala dan dikembangkan lebih lanjut agar mencakup aspek kognitif yang lebih luas serta disesuaikan dengan konteks lokal masing-masing satuan PAUD.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Kognitif, Anak Usia Dini, Validitas, Reliabilitas
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:50
Last Modified: 18 Nov 2025 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88538

Actions (login required)

View Item View Item