Nurdin, Nurdin and Hadi, Samsul (2025) Pengembangan Model Evaluasi Program Organisasi Penggerak Guru di Provinsi Aceh. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_nurdin_21701261010.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan desain model evaluasi program yang berkualitas, (2) menganalisis kualitas konstruk instrumen model Evaluasi Program, dan (3) mengeksplorasi hasil evaluasi Program Organisasi Penggerak Guru di Provinsi Aceh pada setiap aspek menggunakan model tersebut. Progam Organisasi Penggerak Guru di Provinsi Aceh tersebut dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Aceh. Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini terdiri dari 10 langkah yang dikembangkan Borg and Gall. Komponen model evaluasi merupakan gabungan model CIPP Stuflebean, empat level Kirkpatrick dan COD+P Popova. Proses pengembangan dimulai dari tahap pengumpulan informasi awal, perencanaan model, pengembangan model awal, uji coba awal, revisi uji coba awal, uji coba utama, revisi uji coba utama, uji coba operasional, revisi uji coba operasional serta diseminasi dan implementasi. Uji coba awal melibatkan tujuh orang pakar ditambah 30 orang pengawas sekolah, uji coba utama terhadap 180 peserta POP, dan uji coba operasional model terhadap 122 peserta POP Guru di Provinsi Aceh. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data mencakup analisis kualitatif pada studi pendahuluan/pengumpulan informasi awal, validitas isi diuji dengan Aiken’S V dan justififikasi ahli, kualitas konstruk model menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan Program R, serta reliabilitas diestimasi melalui Cronbach Alpha, rhoA dan rhoC. Deskripsi hasil implementasi model evaluasi Program Organisasi Penggerak Guru di Provinsi Aceh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model evaluasi yang dikembangkan terdiri dari konstruk context, input, content, learning, organization, dan perception, disingkat menjadi model CICLOP. Hasil uji validitas isi instrumen model seluruhnya dinyatakan valid. Buku model dan panduan penggunaan model dinyatakan berkualitas dari aspek keterbacaan, kepraktisan, keberfungsian dan keefektifan. (2) data hasil uji coba utama konstruk instrumen dianalisis menggunakan metode SEM-PLS, menghasilkan 25 item yang memenuhi syarat minimal loading factor, koefisien determiniasi (R^2), Validitas konvergen (AVE), validitas discriminant (HTMT), dan reliabilitas Cronbach Alpha/rhoA dan rhoC. (3) deskripsi hasil implementasi model evaluasi Program Organisasi Penggerak Guru di Provinsi Aceh hasil uji coba operasional menunjukkan pencapaian enam aspek evaluasi berbeda-beda hasilnya. Lima aspek sudah mencapai kategori sangat baik, yaitu aspek input, content, learning, organization, dan perception, sedangkan satu aspek termasuk kategori sangat tidak baik yaitu aspek context.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | POP, evaluasi program, model evaluasi, organisasi penggerak, CICLOP ii |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:32 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:32 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
