Pengembangan Model Latihan Teknik Smash Forehand Berbasis Hybrid Virtual Reality untuk Peningkatan Performa Atlet Tenis Meja Usia 12–17 Tahun.

Wulandari, Novita and Siswantoyo, Siswantoyo (2025) Pengembangan Model Latihan Teknik Smash Forehand Berbasis Hybrid Virtual Reality untuk Peningkatan Performa Atlet Tenis Meja Usia 12–17 Tahun. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_novita wulandari_21702261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengatasi kekurangan model latihan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pukulan smash forehand pada atlet tenis meja usia 12–17 tahun; (2) membandingkan efektivitas model latihan teknik smash forehand berbasis hybrid Virtual Reality (VR) dengan model latihan konvensional dalam meningkatkan performa atlet; dan (3) menentukan kelayakan model latihan yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan: analisis kebutuhan, perancangan model, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi, uji coba skala besar, dan penetapan model final. Model latihan dirancang dengan pendekatan hybrid, yaitu menggabungkan simulasi teknik berbasis VR secara imersif dengan latihan fisik konvensional di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan berbasis hybrid VR mampu mengatasi keterbatasan latihan konvensional dalam hal visualisasi teknik, konsistensi repetisi, dan feedback real-time. Uji perbandingan menggunakan desain pretest-posttest control group menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol, terutama dalam aspek kecepatan, akurasi, dan kekuatan pukulan (p < 0,05). Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menyatakan model ini sangat layak digunakan (skor kelayakan > 85%). Model latihan hybrid VR ini dinilai inovatif, aplikatif, dan efektif dalam meningkatkan performa teknik smash forehand, serta berpotensi diintegrasikan ke dalam program pembinaan atlet tenis meja usia muda untuk mendukung pencapaian prestasi jangka panjang.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, smash forehand, tenis meja, hybrid training, efektivitas latihan, kelayakan model.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:14
Last Modified: 13 Nov 2025 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88443

Actions (login required)

View Item View Item