Saputra, Tri Hannanto and Triyono, Mochamad Bruri (2025) Virtual Reality Welding untuk Peningkatan Kompetensi Welding Operator. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_tri hannanto saputra_22702261028.pdf Restricted to Registered users only Download (79MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan media virtual reality welding dengan spesifikasi teknis yang relevan untuk pembelajaran pengelasan di sekolah pendidikan vokasi; (2) mengetahui kelayakan media virtual reality welding jika diaplikasi pada pembelajaran pengelasan di sekolah pendidikan vokasi; (3) mengetahui pengaruh virtual reality berbasis bakat mekanik terhadap peningkatan kompetensi welding. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Instrumen penelitian ini adalah angket untuk pengujian persepsi calon pekerja, pengujian authentic learning, pengujian usability media, pengujian user experience, pengujian media dan pengujian materi. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa semester II Program Studi Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin dan 37 calon pekerja yang melakukan pelatihan pengelasan di PT Inlastek Reksa Daya. Analisis data dilakukan dengan metode kombinasi dengan exploratori. Analisis data empirik dilakukan dengan pendekatan quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media virtual reality welding yang dikembangkan memiliki spesifikasi teknis yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran pengelasan di sekolah pendidikan vokasi, dan dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil evaluasi: persepsi (87%), authentic learning (89%), usability (88%), media (90%), dan materi (95%). (2) Media virtual reality welding terbukti layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan yang mencakup aspek teknis, pedagogis, dan pengalaman pengguna. (3) Penerapan virtual reality welding yang disesuaikan dengan bakat mekanik memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi pengelasan; baik pada calon pekerja dengan kategori bakat mekanik atas maupun bawah, yang mendapatkan perlakuan (treatment) media VR menunjukkan capaian kompetensi pengelasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan perlakuan.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kompetensi, calon pekerja, vokasi, virtual reality, welding |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:01 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:01 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
