Muntaha, Muntaha and Pardjono, Pardjono (2025) Pengembangan Model Spiritual Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Afektif Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Mahasiswa Vokasi Mesin. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_muntaha_21702261051.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan produk, menguji kelayakan, dan efektifitas model pembelajaran spiritual teaching untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif keselamatan dan kesehatan kerja (ST-K3) mahasiswa vokasi. Model ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk membentuk kesadaran, sikap, dan perilaku keselamatan kerja. Metode Penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Planning, Production and Evaluation (PPE). Tempat penelitian di Departemen Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Waktu penelitian dari Februari-November 2024. Penelitian ini dilakukan dengan Probability Sampling Simple. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui dokumentasi, kuisioner, obsevasi, dan wawancara. Analisis validasi dilakukan oleh Expert Judgement. Uji Efektivitas menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Spiritual Teaching untuk meningkatkan kemampuan kogniif dan afektif K3; (2) berdasarkan uji validasi skor penilaian model ST-K3 sebesar 3,41, penilaian RPS sebesar 3,38, respon pengguna pendidik sebesar 3,37 dan respon mahasiswa sebesar 3,6. Berdasarkan skor yang didapatkan tersebut maka model ST-K3 sangat layak diterapkan.(3) berdasarkan uji efektifitas didapatkan peningkatan kemampuan kognitif 8,56 poin (12,22%), dan tingkat afektif (Taksonomi Bloom) 7,78 poin (16,64%). Uji Mann-Whitney peningkatan kemampuan kognitif signifikansi 0,0001, dengan Ngain Score mencapai 70,40% (kategori cukup efektif). Uji regresi tingkat afektif menunjukkan pengaruh signifikan nilai spiritual F hitung = 86,465 >F tabel = 4.13 dengan signikansi 0,000 < 0,05. Hasil Effect Size (Cohen’s d) menunjukkan pengaruh besar pada tingkat afektif (d = 1,36). Hasil uji Karakter Afektif terhadap K3 meningkat sebesar 3,53 poin (11,3%) dengan Effect Size (Cohen’s d) sebesar 0,845 (kategori besar), Uji regresi menunjukkan F hitung = 39.571 > F tabel = 4.13, dengan signifikansi pada 0,000 < 0,05, menunjukkan hubungan signifikan antara nilai spiritual dan pembentukan karakter. Hasil Ngain Score untuk karakter afektif mencapai 40,23% (kategori kurang efektif), tetapi nilai signikansinya 0,009 < 0,05 menunjukkan bahwa perubahan tetap signifikan karena pengaruh perlakuan. Uji Paired Samples Corelation menunjukkan adanya korelasi signifikan antara pre-test dan pos-test pada Tingkat afektif (r = 0,886) dan karakter afektif (r = 0,350) dengan signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan perubahan yang nyata karena adanya perlakuan. Hasil wawancara dan observasi mendukung temuan kuantitatif bahwa model ST-K3 mampu meningkatkan perilaku keselamatan kerja dengan cara yang lebih spiritual, reflektif, dan proaktif. Oleh karena itu, model ST-K3 dianggap layak dan efektif untuk diterapkan dalam pendidikan vokasi untuk meningkatkan kompetensi K3 secara keseluruhan.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Spiritual Teaching, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Kognitf, Afektif, Pendidikan Vokasi, Model Pembelajaran |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Pendidikan Tinggi Teknik & Teknologi > Teknik Mesin Vocational |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:30 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:30 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
