Haq, Hasti Nurul and Salirawati, Das (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kimia (SMK-SMAK) Makassar. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_hasti nurul haq_21701251018.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tantangan di abad ke-21 ini menuntut upaya untuk membentuk peserta didik dengan nilai-nilai karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan konstruk instrumen penilaian keterampilan abad ke-21, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian keterampilan abad ke-21 yang dikembangkan (3) mendeskripsikan kepraktisan instrumen yang telah dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan profil keterampilan abad ke- 21 peserta didik kelas X, XI dan XII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Djemari Mardapi (2012) dengan 10 langkah, yaitu: (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) menentukan skala, (4) menentukan system penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) uji coba terbatas, (7) analisis, (8) merakit instrumen, (9) uji coba lapangan, dan (10) menafsirkan hasil pengukuran. Uji coba melibatkan 500 peserta didik dari SMK- SMAK di Makassar. Validitas isi dibuktikan secara kualitatif melalui expert judgement untuk kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan formula Aiken’s V. Validitas konstruk dibuktikan melalui Confirmatory Factor Analysis, sedangkan karakteristik instrumen dan keterampilan abad ke-21 peserta didik dianalisis menggunakan pendekatan Graded Response Model dengan bantuan program R. Hasil penelitian ini adalah: (1) konstruk instrumen yang dikembangkan terdiri dari 26 butir berdasarkan empat aspek, yakni creative and innovation, critical thinking and problem solving, communication, dan collaboration dengan bentuk self assessment, (2) kualitas instrumen telah memenuhi syarat-syarat tes yang baik, yaitu meliputi valid secara isi berdasarkan Aiken’s V > 0,75, konstruk dengan CFA, reliabilitas instrumen berdasarkan hasil nilai CR 0,97, dan nilai VE 0,75, serta analisis karakteristik butir melalui IRT model GRM menghasilkan rentang kemampuan yang cukup luas, (3) instrumen yang dikembangkan terbukti praktis digunakan berdasarkan respon sebesar 74,1% peserta didik dan 93,7% guru, dan (4) profil keterampilan abad ke-21 peserta didik berada pada kategori membudaya (24.6%), berkembang (67,8%), mulai berkembang (0,6%) dan memerlukan bimbingan (7,0%).
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan abad ke-21, instrumen penilaian, SMK-SMAK Makassar |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:30 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:30 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
