Fajri, Abrar Syahrul and Haryanto, Haryanto (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Bernalar Kritis dan Kreatif pada Peserta Didik SMK. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_abrar syahrul fajri_21701251040.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan konstruk instrumen penilaian karakter yang tepat untuk mengukur bernalar kritis dan kreatif pada siswa SMK, (2) Mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian karakter bernalar kritis dan kreatif bagi siswa SMK, dan (3) Mendeskripsikan performa instrumen penilaian bernalar kritis dan kreatif pada siswa SMK. Penelitian pengembangan ini dilakukan secara sistematis mengikuti model pengembangan Mardapi (2017), yang mencakup tahapan: (1) penentuan spesifikasi instrumen, (2) penulisan instrumen, (3) penetapan skala, (4) penentuan sistem penskoran, (5) telaah instrumen, (6) uji coba, (7) analisis instrumen, (8) perakitan instrumen, (9) pelaksanaan pengukuran, dan (10) interpretasi hasil pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dan XII dari tujuh SMK di Kota Yogyakarta, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan data PPDB Kota Yogyakarta 2023 dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 518 responden. Instrumen yang dikembangkan diuji validitas nya melalui content validity dengan expert judgment, dan dianalisis lebih lanjut menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Reliabilitas instrumen dibuktikan, dan karakteristik butir dianalisis menggunakan Item Response Theory (IRT) untuk memastikan kualitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konstruk instrumen penilaian karakter terdiri dari dua dimensi utama: bernalar kritis dan kreatif, yang masing-masing memiliki beberapa elemen. Instrumen ini dikembangkan dalam dua paket: Paket A, dengan 10 butir untuk bernalar kritis dan 4 butir untuk kreatif; Paket B, dengan 13 butir, 7 butir untuk bernalar kritis dan 6 butir untuk kreatif. Instrumen menggunakan skala Intensi Prosocial (I-P) sebagai dasar pengukuran. (2) Instrumen ini telah memenuhi validitas dan reliabilitas yang tinggi, terbukti dengan content validity (indeks Aiken = 0,94) dan hasil CFA yang menunjukkan nilai loading factor ≥ 0,3 serta model pengukuran yang fit dengan p-values ≥ 0,05; CFI ≥ 0,90; TLI ≥ 0,90; RMSEA < 0,08; SRMR < 0,08. Analisis construct reliability menunjukkan nilai > 0,7 pada kedua paket. (3) Performa instrumen berdasarkan responden yang berbeda menunjukkan bahwa pada dimensi bernalar kritis, Paket B lebih unggul dengan 52% siswa berada pada kategori "Membudaya", sementara Paket A 44%. Sebaliknya, pada dimensi kreatif, Paket A lebih efektif dengan 63% siswa dalam kategori "Membudaya", dibandingkan dengan 39% pada Paket B. Temuan ini mencerminkan variasi efektivitas kedua paket dalam mengembangkan kemampuan kritis dan kreatif siswa, dan memberikan dasar untuk memperkuat area yang masih kurang optimal sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bernalar Kritis, Karakter, Kreatif, SMK |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:48 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:48 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
