Evaluasi Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Kota Pangkalpinang.

Khoirotunnisa, Ulfah and Sudiyatno, Sudiyatno (2025) Evaluasi Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Kota Pangkalpinang. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_ulfah khoirotunnisa_21701251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program Adiwiyata di Kota Pangkalpinang tingkat SMP dan SMA/SMK. Minimnya anggaran dana yang disediakan oleh pihak pelaksana program kepada sekolah menjadi salah satu permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini. Peran pihak pelaksana dalam melakukan pendampingan, pengawasan, dan arahan juga tidak dilakukan dengan rutin. Hal ini menyebabkan menurunnya antusiasme sekolah dalam melaksanakan program bahkan beberapa sekolah memutuskan untuk tidak mengajukan perpanjangan status Adiwiyata. Selain itu tidak maksimalnya kesiapan sumber daya manusia dalam melaksanakan program juga menjadi perhatian peneliti. Evaluasi ini dilakukan dengan mengacu pada aspek input, proses, dan hasil dengan metode deskriptif kuantitatif dalam proses pengumpulan, analisis, dan penyajian data. Penelitian dilakukan di empat sekolah Adiwiyata di Kota Pangkapinang yaitu SMPN 2, SMPN 1, SMAN 1, dan SMKN 1. Responden penelitian berjumlah 1.006 siswa, 56 guru, serta 40 orang tim Adiwiyata. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket kepada siswa, guru, dan tim Adiwiyata serta wawancara dengan kepala sekolah serta pembina Adiwiyata. Analisis validitas isi dan konstruk dilakukan dengan rumus Aiken dengan empat rater dan p 0,05 diperoleh nilai validasi sebesar 0,80. Sedangkan reliabilitas instrumen ditentukan dengan formula Cronbach’s Alpha dengan p 0,05 diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,94. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Stake dengan membandingkan data yang diperoleh dengan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan (1) aspek input dalam kategori baik walaupun arahan, dan dampingan dari pelaksana program masih minim. Selain itu, anggaran juga dirasa masih belum mencukupi kebutuhan program. (2) aspek proses dalam kategori sangat baik. Pembelajaran berbasis lingkungan dan kegiatan pembiasaan diri dilaksanakan, walaupun banyak kendala yang terjadi. (3) aspek hasil dalam kategori sangat baik, meskipun memiliki berbagai kendala, program Adiwiyata memberikan dampak terhadap perubahan sikap serta kondisi lingkungan sekolah. Peneliti berharap pihak pelaksana dapat lebih memperhatikan secara rutin mengenai kondisi sekolah-sekolah Adiwiyata. Kepada pihak sekolah diharapkan dapat lebih giat melakukan kampanye dan publikasi mengenai program Adiwiyata terutama kepada siswa baru. Sekolah juga diharapkan dapat menambah anggaran khusus terhadap kebutuhan-kebutuhan program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, program adiwiyata, pendidikan lingkungan hidup
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:43
Last Modified: 04 Nov 2025 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88382

Actions (login required)

View Item View Item