Evaluasi Program Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 Se-Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Fitria, Laylatul and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2025) Evaluasi Program Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 Se-Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_rani laylatul fitria_22701251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil evaluasi Program Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan dengan menggunakan model evaluasi KirkPatrick 4 level: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Penelitian ini menggunakan mixed-method dan melibatkan 310 peserta pelatihan dengan 10 titik pelatihan yang dilaksanakan 11 Maret - 08 April 2024. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes, serta melalui wawancara. Pembuktian validitas isi Aiken dan konstruk dengan analisis faktor konfirmatori untuk data kuantitatif, dan triangulasi sumber untuk data kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan kategori sesuai level dan analisis data kualitatif dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Evaluasi Level 1 tentang ketercapaian keseluruhan dari reaksi atau kepuasan peserta pada materi, pemateri, fasilitator, panitia dan fasilitas menunjukkan hasil yang memuaskan (rata-rata skor 83%). Evaluasi Level 2, yaitu pembelajaran selama pelatihan yang meliputi pemahaman materi keislaman, kemuhammadiyahan, keorganisasian Ke -IPMan, serta psikologi, menunjukkan hasil sangat baik, (rata- rata skor 85%). Evaluasi Level 3, tentang perubahan perilaku peserta setelah mengikuti pelatihan menunjukkan hasil perubahan yang positif dengan pertimbangan sudut pandang dari peserta, orangtua peserta, guru, dan pimpinan penyelenggara, serta evaluasi hasil yang juga menunjukkan Melati 1 sebagai transformasi nilai-nilai keislaman pada peserta dan hadirnya bibit-bibit renegerasi kepemimpinan IPM tingkat ranting dan cabang. Rekomendasi untuk Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1: (1) diperlukan waktu persiapan yang lebih panjang untuk memastikan pelaksanaan pelatihan berjalan optimal, (2) penting untuk mengembangkan alat ukur mandiri guna memastikan materi yang disampaikan sesuai dengan target yang diharapkan; (3) perlu adanya pendampingan berkelanjutan pasca pelatihan untuk memantau perubahan perilaku positif kader sesuai sistem IPM, meningkatkan kualitas literasi melalui kajian buku, serta mencegah kader “lepasan” yang hanya mengikuti pelatihan tanpa melanjutkan peran di tingkat ranting atau cabang; (4) dibutuhkan pembinaan berkelanjutan bagi kader baru di tingkat ranting dan cabang, serta sistem yang lebih jelas dalam seleksi peserta dan kegiatan pasca pelatihan untuk memastikan keberlanjutan hasil pelatihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, hasil, pelatihan, pembelajaran, perilaku, reaksi
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:39
Last Modified: 04 Nov 2025 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88341

Actions (login required)

View Item View Item