Model E-learning Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Mahasiswa.

Alwi, Ahmad Chafid and Sukirno, Sukirno (2025) Model E-learning Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_ahmad chafid alwi_21703261067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengembangkan produk e-learning berbasis MOOC, (2) menghasilkan produk e-learning berbasis Massive Open Online Course (MOOC) yang untuk meningkatkan literasi ekonomi (3) menguji validitas produk yag dikembangkan, (4) menguji keefektifan produk e-learning berbasis MOOC , dan (5) mennguji kepraktisan produk e-learning berbasis MOOC untuk meningkatkan literasi ekonomi mahasiswa. Produk ini didasarkan pada prinsip-prinsip konektivitas, konstruktivisme, dan mengadaptasi component display theory untuk membantu memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan fleksibel. Hal ini bertujuan untuk merekomendasikan pendidikan literasi ekonomi yang mudah diakses, efektif, interaktif dan relevan dengan isu-isu ekonomi yang dihadapi masyarakat saat ini. Peneltiian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang dilakukan dengan tahapan need assessment, front end analysis, design, development, implementation, evaluation, analysis. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Nahdlotul Ulama, dengan menggunakan 88 mahasiswa sebagai responden. Data yang dikumpulkan terdiri atas survei, validasi oleh para ahli, dan juga penilaian terhadap uji coba produk yang dilakukan dengan cara pre-test dan post-test, untuk mengetahui sejauh mana peningkatan literasi ekonomi yang terjadi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli dan skala Likert untuk uji kepraktisan produk. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, termasuk analisis pre-test dan post-test, serta analisis netnografi untuk substansi konten. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan produk dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan, mendesain, mengembangkan, mengimplimentasikan, mengevaluasi dan menganalisis produk; 2) model e-learning berbasis MOOC yang dikembangkan memiliki karkateristik fleksibel, terbuka, interaktif, asinkron, dan memiliki studi kasus dari hasil netnografi; 3) Produk ini telah teruji oleh ahli media memiliki 92,9% validitas tinggi dan ahli materi 85% validitas tinggi (V ≥ 0.8); 4) Produk ini efektif meningkatkan literasi ekonomi mahasiswa dengan nilai p-value = 0,0001 dan memiliki nilai Cohen’s d = 0,89 (kategori besar); 5) Pengujian kepraktisan produk juga menunjukkan sangat praktis sebesar 88,75%. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada efektivitas jangka panjang dari penggunaan produk ini serta membangun tema-tema literasi ekonomi yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: literasi ekonomi, e-learning, MOOC, penelitian dan pengembangan, fleksibilitas pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 01:10
Last Modified: 04 Nov 2025 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88338

Actions (login required)

View Item View Item