Literasi Matematika melalui Model Pembelajaran Metakognisi Kolaboratif Berbasis Blended learning (MK-BL) pada Peserta didik SMP/MTs di Kabupaten Pati.

Maharani, Rizqona and Marsigit, Marsigit (2025) Literasi Matematika melalui Model Pembelajaran Metakognisi Kolaboratif Berbasis Blended learning (MK-BL) pada Peserta didik SMP/MTs di Kabupaten Pati. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_rizqona maharani_18703264007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Urgensi peningkatan literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif menjadi dasar dikembangkannya model pembelajaran metakognisi kolaboratif berbasis blended learning (MK-BL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan karakteristik model pembelajaran MK-BL untuk meningkatkan literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif, (2) menghasilkan model pembelajaran MK-BL untuk meningkatkan literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif, serta (3) menghasilkan model pembelajaran MK-BL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Plomp & Nieveen (2013) melalui tahap studi pendahuluan, pembuatan prototype, dan penilaian. Studi pendahuluan melibatkan 163 peserta didik dan 22 guru untuk mengisi kuisioner, lima madrasah/sekolah untuk observasi pembelajaran matematika, 15 guru dan 13 peserta didik untuk wawancara literasi matematika, serta 18 guru dan 19 peserta didik untuk wawancara pembelajaran daring. Ujicoba instrumen melibatkan 54 peserta didik dan uji coba lapangan melibatkan 118 peserta didik dan 6 guru matematika. Data kevalidan model pembelajaran MK-BL melibatkan 5 ahli dan 2 praktisi. Data kepraktisannya diperoleh dari peserta didik, guru matematika, dan observer. Data keefektifan dikumpulkan melalui instrumen tes literasi matematika dan instrumen non-tes kemampuan metakognisi kolaboratif. Pengujian keefektifan model pembelajaran menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen non- equivalent pre-postest control group dengan uji Manova satu jalur Hotelling‘s Trace terhadap literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif. Hasil penelitian dan pengembangan mencakup (1) karakteristik model pembelajaran MK-BL yaitu: (a) mendorong interaksi sosial dan kolaborasi, (b) melibatkan konteks dunia nyata dalam pembelajaran, (c) konektivitas melalui teknologi digital, (d) fleksibilitas pembelajaran online dan offline, dan (e) pemberian bantuan atau bimbingan metakognitif; (2) Model pembelajaran MK-BL memiliki tujuh sintaks, yaitu: (a) kegiatan pengenalan scaffolding metakognitif dan konteks-konten, (b) keterlibatan kelas online, (c) kegiatan persiapan luring, (d) kolaborasi dalam penyelesaian masalah konteks dengan scaffolding metakognitif, (e) presentasi, (f) transfer dan refleksi bersama, dan (g) respon reflektif online; (3) Model pembelajaran MK- BL yang dituangkan dalam buku akademik dan panduan dilihat dari isi, standar penyajian, syarat isi buku, desain tampilan, standar grafika, kualitas tampilan e-book, kualitas interaksi media, kualitas teknis, dan keterlaksanaan telah dinilai layak oleh ahli dan praktisi (valid). Penerapan model pembelajaran dinilai bermanfaat, mudah, sesuai dengan kebutuhan belajar, mendorong interaksi peserta didik secara aktif dan fleksibel, serta menarik. Setiap langkah kegiatan pembelajaran telah terlaksana dengan baik (praktis); serta model pembelajaran MK-BL secara signifikan dapat meningkatkan literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif. Literasi matematika dan kemampuan metakognisi kolaboratif peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran MK-BL lebih baik dibanding peserta didik yang tidak (efektif). Produk yang dihasilkan berupa buku panduan model pembelajaran MK-BL yang dilengkapi buku ajar fenomena pertumbuhan, buku modul ajar (rencana pembelajaran), video pembelajaran, dan lembar kerja dengan checklist dan jurnal metakognitif peserta didik (LKC&JPD).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: blended learning, literasi matematika, metakognisi, pembelajaran kolaboratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:37
Last Modified: 03 Nov 2025 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88280

Actions (login required)

View Item View Item