Pengembangan Model Aktivitas Belajar Gerak Multilateral untuk Meningkatkan Physical Literacy Peserta Didik Kelas Rendah di Sekolah Dasar.

Taryatman, Taryatman and Siswantoyo, Siswantoyo (2025) Pengembangan Model Aktivitas Belajar Gerak Multilateral untuk Meningkatkan Physical Literacy Peserta Didik Kelas Rendah di Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_taryatman_19703261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model aktivitas belajar gerak multilateral untuk meningkatkan physical literacy peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar, (2) menguji kelayakan model aktivitas belajar gerak multilateral untuk meningkatkan physical lietracy peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar, (3) menguji kepraktisan model aktivitas belajar gerak multilateral untuk meningkatkan physical lietracy peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar, dan (4) menguji efektivitas model aktivitas belajar gerak multilateral untuk meningkatkan physical lietracy peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model Borg & Gall dengan menggunakan sepuluh tahapan penelitian. Subjek penelitian adalah 75 peserta didik Sekolah Dasar kelas rendah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup kuesioner uji kelayakan dan kepraktisan model, serta kuesioner kemampuan physical literacy. Validitas isi diuji menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan efektivitas model dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) mengahasilkan lima model aktivitas belajar gerak multilateral untuk meningkatkan physical literacy peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar. (2) menghasilkan model aktivitas belajar gerak multilateral dinilai sangat layak oleh para ahli dengan skor validitas 0,86, (3) menghasilkan kepraktisan model mendapat skor rata-rata 4,6 dari skala 5 menurut guru pendidikan jasmani, dan (4) Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam indikator physical literacy, dengan peningkatan rata-rata sebesar 25% dan tingkat signifikansi p<0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model aktivitas belajar gerak multilateral terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan physical literacy peserta didik kelas rendah di Sekolah Dasar. Model aktivitas belajar gerak multilateral mampu meningkatkan motivasi, keterampilan gerak, rasa percaya diri, serta pemahaman konsep gerak peserta didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Gerak, Gerak Multilateral, Physical Literacy, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:24
Last Modified: 30 Oct 2025 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88269

Actions (login required)

View Item View Item