Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama.

Lestari, Puji and Ghufron, Anik (2025) Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_puji lestari_18703261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui gambaran pelaksanaan program literasi di SMP; 2) Menghasilkan perpustakaan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik di SMP; 3) Mengetahui kelayakan perpustakaan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik di SMP; 4) Mengetahui kepraktisan perpustakaan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik di SMP; 5) Mengetahui keefektifan perpustakaan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan adalah Web Based Instructional Design (WBID) yang dikembangkan oleh Davidson-Shivers et.al meliputi: 1) Analisis; 2) Perencanaan evaluasi; 3) Desain terpadu, yaitu: desain; pengembangan; evaluasi formatif, untuk kelayakan produk oleh ahli; implementasi awal, untuk kepraktisan produk oleh pendidik dan peserta didik; 4) Implementasi penuh, pembelajaran literasi informasi menggunakan perpustakaan digital. Subjek penelitian untuk kelompok eksperimen 81 peserta didik dan kelompok kontrol 77 peserta didik dari tiga SMP di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling; 5) Evaluasi sumatif: posttest peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, studi dokumentasi, observasi dan tes. Validasi instrumen menggunakan expert judgment. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli dan uji kepraktisan produk oleh respon pengguna. Pengujian keefektifan produk menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen pretest-posttest non-equivalent control group dengan uji independent sample test aspek kognitif dan uji paired sample test pada aspek keterampilan dan afektif. Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran literasi di SMP saat ini merujuk pada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Sebagian besar sekolah telah melaksanakan pada tahap pembiasaan dan sebagian kecil saja yang telah melaksanakan pada tahap pembiasaan dan pembelajaran; 2) Menghasilkan perpustakaan digital terintegrasi LMS untuk pembelajaran literasi informsi; 3) Perpustakaan digital untuk pembelajaran literasi informasi yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak; 4) Perpustakaan digital untuk pembelajaran literasi informasi yang dikembangkan memenuhi kiteria sangat praktis oleh pendidik dan peserta didik; 5) Perpustakaan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi terbukti efektif meningkatkan kompetensi peserta didik pada aspek kognitif, keterampilan dan afektif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: literasi informasi, pengembangan, perpustakaan digital.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:49
Last Modified: 30 Oct 2025 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88264

Actions (login required)

View Item View Item