Analisis Kebijakan Integrasi Ilmu dalam Kurikulum di Universitas Islam Negeri.

Huda, Nurul and Suyanto, Suyanto (2025) Analisis Kebijakan Integrasi Ilmu dalam Kurikulum di Universitas Islam Negeri. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_nurul huda_18701264005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Paradigma integrasi ilmu merupakan mandatori Universitas Islam Negeri (UIN). Paradigma ini menjadikan setiap UIN harus memiliki konsep paradigma ilmu. Setiap UIN memiliki rumusan konsep paradigma ilmu berbeda. Perbedaan konsep integrasi berimplikasi pada kebijakan dan implementasi yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendapatkan penjelasan tentang konsep integrasi ilmu yang menjadi model pengembangan kurikulum di Universitas Islam Negeri; (2). mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kebijakan yang menjadi kekhasan integrasi ilmu dalam kurikulum di Universitas Islam Negeri; (3) menghasilkan alternatif-alternatif usulan rekomendasi untuk memperkuat integrasi ilmu Universitas Islam Negeri. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian kebijakan, dengan paradigma interpretif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus instrumental, kategori multiple case study. Subyek penelitian di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Inovasi dan UIN Cendekia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Langkah-langkah penelitian dengan menggunakan pendekatan model Yin yang dimodifikasi, yaitu, plan, design, prepare, collect, analyse, triangulasi data, uji model, dan share. Analisis data menggunakan proses berjenjang mulai dari koding, kategorisasi kode, dan peta konsep. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, member checking, meningkatkan ketekunan, dan refleksi peneliti. Usulan alternatif kebijakan dibuat dalam bentuk kertas kerja yang diujikan pada pakar dengan menggunakan metode delphi. Temuan hasil penelitian ini sebagai berikut; (1) Konsep integrasi ilmu yang digunakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Inovasi menggunakan konsep integrasi-interkoneksi dengan metafora jaring laba-laba. Konsep ini menggunakan pola triadik filosofis-substantif, dengan memadukan tiga bidang keilmuan hadlarah An-Nash, hadlarah Al-Ilm, dan hadlarah al- falsafat. Sains, Filsafat, dan Agama, Integrasi Ilmu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Cendekia menggunakan konsep integrasi ilmu dengan metafora pohon ilmu. Konsep ini menggunakan pola integralistik instrumental empiris dengan memadukan keilmuan keislaman, kealaman, social budaya, dan secara kelembagaan memadukan ma’had dan kampus dalam satu system terpadu. (2) Kebijakan khas kurikulum integrasi di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Inovasi adalah dengan menetapkan dua mata kuliah sebagai ciri khas utama yaitu Islam dan Sains dan Islam dan Ilmu Sosial Humaniora. Implementasi integrasi ilmu dilakukan melalui pola paling dasar dan masih dominan adalah legitimasi ayat dan hadits; Kebijakan khas kurikulum integrasi di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Cendekia adalah dengan menetapkan dua mata kuliah khas utama yaitu Metodologi Islam dan Sains dan Skripsi Integrasi. Implementasi integrasi ilmu dilakukan melalui pola paling dasar dan dominan adalah legitimasi ayat dan hadits; tafsir sains atau saintifikasi; dan 8 ketiga internalisasi nilai. (3) Usulan alternatif kebijakan untuk menguatkan integrasi ilmu sebagai berikut; Pertama, integrasi level 1; Sistem ma’had al￾jami’ah (Pesantren Kampus), dengan menetapkan empat mata kuliah sebagai penciri khas: 1. MK Islam dan Sains 2. MK. Islam dan Sosial Humaniora 3. Metodologi Penelitian Integratif 4. Produksi pengetahuan integratif (Skripsi atau Artikel Ilmiah yang terpublikasi). Kedua, integrasi level 2: Sistem ma’had al- jami’ah (Pesantren Kampus), dengan menetapkan dua mata kuliah sebagai penciri khas: 1. MK Islam dan Sains 2. MK. Islam dan Sosial Humaniora. Ketiga, integrasi level 3: Sistem non ma’had dengan menetapkan empat mata kuliah sebagai penciri khas: 1. MK Islam dan Sains. 2. MK. Islam dan Sosial Humaniora 3. Metodologi Penelitian Integratif 4. Produksi pengetahuan integratif (Skripsi atau Artikel Ilmiah).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: integrasi ilmu, Universitas Islam Negeri, kurikulum, alternatif Kebijakan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:39
Last Modified: 23 Oct 2025 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88220

Actions (login required)

View Item View Item