Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Sains dan Rekayasa Siswa SMK Berorientasi Standar Sains Next Generation.

Ikhsanudin, Ikhsanudin and Istiyono, Edi (2025) Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Sains dan Rekayasa Siswa SMK Berorientasi Standar Sains Next Generation. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_ikhsanudin_19701261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan sains dan rekayasa merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan pada proses perkembangan setiap anak. Keterampilan tersebut menjadi bekal krusial bagi anak untuk belajar dan terus mengembangkan potensinya. Dalam konteks pendidikan kejuruan, banyak siswa dan lulusan SMK yang dikritik tidak mampu mengembangkan potensi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan instrumen pengukur keterampilan sains dan rekayasa yang cocok untuk siswa SMK berorientasi standar sains next generation (NGSS), (2) Menguji kualitas instrumen, (3) Menganalisis tingkat kepraktisan instrumen, dan (4) Mendeskripsikan profil keterampilan sains dan rekayasa siswa SMK hasil pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada konstruksi instrumen dan pengukuran keterampilan siswa. Model pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi model pengembangan tes Oriondo dan Dallo￾Antonio (1998), Lane, Raymond, & Haladyna (2015) dan Azwar (2016) yang disintesis menjadi tiga tahap yaitu (1) Tahap desain instrumen, (2) Tahap uji kualitas instrumen, dan (3) Tahap pengukuran keterampilan siswa. Subjek penelitian pada tahap uji kualitas instrumen meliputi ahli bidang pendidikan kejuruan, ahli penilaian pendidikan, dan guru SMK berpengalaman dan 656 siswa. Pada tahap pengukuran, subjek penelitian sebanyak 326 siswa yang dipilih secara purposif. Teknik analisis untuk menentukan kualitas instrumen terdiri dari analisis validitas dengan formula Aiken dan analisis nilai infit MNSQ, kalibrasi karakteristik item instrumen dengan Partial Credit Model (PCM), dan analisis reliabilitas Cronbach. Kemudian, analisis kepraktisan instrumen dan profil keterampilan siswa dilakukan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian berupa instrumen dua paket tes esai (A dan B) untuk mengukur keterampilan sains dan rekayasa siswa SMK bidang teknik mesin. Berdasar hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Masing-masing paket terdiri dari 25 item soal esai dengan 5 item bersama (anchor). (2) Instrumen tes berkualitas baik dibuktikan melalui analisis validitas isi dengan indeks Aiken sebesar 0,840 untuk tes A dan 0,844 untuk tes B, pemenuhan kriteria validitas empiris dari analisis infit MNSQ, estimasi reliabilitas skor hasil uji coba dengan koefisien Alfa Cronbach sebesar 0,860 untuk tes A dan 0,841 untuk tes B, serta tingkat kesulitan semua butir sesuai kriteria antara –2 hingga +2. (3) Tingkat kepraktisan mencapai 100% di mana semua guru (14) yang terlibat dalam penelitian menyatakan bahwa instrumen tes mudah diterapkan di kelas. (4) Berdasar hasil pengukuran, keterampilan sains dan rekayasa siswa SMK secara keseluruhan masih tergolong rendah dengan rata-rata 26,58 dengan rincian keterampilan perumusan masalah (43,47), analisis (24,11), pemodelan (20,19), dan komunikasi (15,80). Lebih lanjut guru/peneliti dapat menggunakan dan atau memodifikasi instrumen untuk keperluan penilaian atau penelitian terkait keterampilan sains dan rekayasa

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sains dan rekayasa, konstruksi tes, NGSS, pengukuran, siswa SMK.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:26
Last Modified: 23 Oct 2025 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88219

Actions (login required)

View Item View Item