Model Evaluasi Program Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Interdisipliner di SMA.

Limansi, Kintan and Suranto, Suranto (2025) Model Evaluasi Program Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Interdisipliner di SMA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_kintan limiansi_21701261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan desain model evaluasi untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran biologi interdisipliner di SMA, (2) menghasilkan informasi mengenai kualitas model tersebut, (3) mendeskripsikan kepraktisan model, dan (4) mendeskripsikan hasil evaluasi pembelajaran biologi di SMA dengan model yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan langkah analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Desain model dikembangkan berdasarkan studi literatur dan analisis kondisi lapangan. Uji kualitas model dilakukan pada buku model, panduan penggunaan model, dan instrumen dengan pembuktian validitas dan estimasi reliabilitas. Penilaian buku model dan panduan penggunaan model dilakukan oleh 10 ahli. Pembuktian validitas isi instrumen oleh 6 pakar di bidang evaluasi pendidikan, pengukuran, dan pembelajaran biologi, serta uji keterbacaan oleh 3 guru dan 28 peserta didik. Hasil penilaian buku dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan hasil penilaian instrumen dianalisis dengan rumus Aiken V. Uji coba dilakukan pada 414 peserta didik dari 5 SMA di DIY dan hasilnya digunakan untuk membuktikan validitas konstruk dengan CFA. Estimasi reliabilitas instrumen diperoleh dari nilai loading factor dan indeks kesalahan tiap observed variabel. Uji kepraktisan dilakukan dengan cara mewawancarai pengguna model dengan hasil wawancara diolah secara deskriptif kualitatif. Model dan instrumen yang berkualitas diimplementasikan untuk mengevaluasi pembelajaran biologi interdisipliner. Hasil implementasi diolah dalam Ms.Excel yang mewadahi model sehingga dapat diketahui keputusan akhir dan rekomendasi evaluasi. Hasil penelitian dan pengembangan adalah berikut: (1) Dihasilkan model evaluasi yang diberi nama EPABINTER. Model EPABINTER merupakan seperangkat alat dan cara untuk mengevaluasi program pembelajaran biologi dengan pendekatan interdisipliner di SMA. Aspek pembelajaran yang dievaluasi adalah sumber daya, implementasi instruksional, hasil instruksional, dan kebermanfaatan program pembelajaran. Setiap aspek evaluasi terkandung objek, teknik, instrumen, waktu, dan penanggung jawab evaluasi; (2) Dihasilkan model yang berkualitas dan instrumen yang memenuhi validitas isi, validitas konstruk, serta memenuhi estimasi reliabilitas yang tinggi; (3) Dihasilkan model yang praktis karena mendukung dilaksanakannya evaluasi secara murah, mudah, namun tetap integratif, objektif, dan komprehensif; serta (4) Model diimplementasikan pada sekolah yang menerapkan pembelajaran biologi dengan pendekatan interdisipliner dan dihasilkan informasi bahwa rata-rata skor hasil evaluasi sekolah yang lebih dahulu mengimplementasikan pembelajaran biologi interdisipliner lebih tinggi dibandingkan sekolah yang baru dalam mengimplementasikan pendekatan interdisipliner.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran biologi, pendekatan interdisipliner
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2025 04:29
Last Modified: 22 Oct 2025 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88216

Actions (login required)

View Item View Item