PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mukti, Ajeng Widia (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
TAS_Ajeng Widia Mukti_21103241010_Final (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar serta hasil kemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada peserta didik slow learner kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini perlu dilakukan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik slow learner kelas IV di salah satu sekolah inklusi Kota Yogyakarta yang memiliki hambatan membaca pemahaman. Proses penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data diolah dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Penyajian data dilakukan menggunakan tabel dan diagram. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai peserta didik pada tes pra tindakan dan tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recife, Review) dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik slow learner kelas IV sekolah dasar. Nilai rata-rata tes pra tindakan peserta didik yaitu 39. Kemudian, nilai rata-rata peserta didik di masing-masing siklus yaitu siklus pertama 59 , siklus kedua 56 dan siklus ketiga 88. Secara keseluruhan, peningkatan dari nilai rata-rata awal 39 ke nilai rata-rata akhir 88 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 49 poin atau sekitar 125%. Tahapan-tahapan dalam metode SQ3R membantu peserta didik dalam memroses informasi sehingga terjadi peningkatan nilai sesuai dengan target pada siklus 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Slow learner,, SQ3R.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:33
Last Modified: 20 Aug 2025 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87628

Actions (login required)

View Item View Item