PENINGKATAN KEMAMPUAN BICARA PADA ANAK SPEECH DELAY DENGAN METODE BERCERITA DI TK NEGERI 1 MUARA ANCALONG

WATI, MELYA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BICARA PADA ANAK SPEECH DELAY DENGAN METODE BERCERITA DI TK NEGERI 1 MUARA ANCALONG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
1. TESIS LENGKAP_MELYA WATI_24011240095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara pada anak speech delay dengan metode bercerita di TK Negeri 1 Muara Ancalong. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan melalui tiga tindakan siklus yang terdiri dari tindakan siklus I dan siklus II. Latar belakang penelitian pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Negeri 1 Muara Ancalong adalah terdapat salah satu anak yang kurang pada kemampuan bicara nya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan bicara pada anak speech delay di TK Negeri 1 Muara Ancalong ? Subjek penelitian terdiri dari 1 orang murid. Objek penelitian adalah Peningkatan kemampuan Bicara Pada Anak Speech Delay Dengan Metode Bercerita di TK Negeri 1 Muara Ancalong. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini memaparkan data yang diperoleh kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan data tersebut ke dalam bentuk yang sederhana. Kelompok usia 4 – 5 tahun di TK Negeri 1 Muara Ancalong sebelumnya melakukan kegiatan bercerita juga tapi tidak fokus pada anak tersebut sehingga anak tersebut perkembangan nya tidak meningkat, jadi hasil dari penelitian pada siklus I dan Siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan setiap siklus nya adalah sebagai berikut : pada siklus I memperoleh hasil 66% dengan kriteria cukup, kemudian sedikit meningkat pada siklus II 83 %. Hal ini menunjukkan pada perubahan peningkatan kemampuan bicara dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan uraian hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan bicara pada anak speech delay di TK Negeri 1 Muara Ancalong

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Speech Delay dan Metode Bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:38
Last Modified: 07 Aug 2025 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87565

Actions (login required)

View Item View Item